Minggu, 07 November 2010

Organisasi dan Manajemen

ORGANISASI DAN MANAJEMEN

November 6th, 2010 • RelatedFiled Under

Organisasi adalah sekelompok orang yang secara sadar mengatur diri untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi dapat beranggotakan mulai dari hanya dua orang hingga puluhan atau ratusan ribu orang. Sedangkan Manjemen merupakan proses Planning, Organizing, Actuating, controlling untuk mencapai tujuan Organisasi. Bisa disebut dengan proses sistematik guna mendorong sekelompok orang untuk secara bersama -sama mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Organisasi yang efektif membutuhkan:

- Visi dan Misi yang khas organisasi sebagai pengikat/pemersatu anggota. Pentingnya visi dan misi untuk memastikan adanya kesamaan tujuan, basis untuk alokasi sumber daya, menjadi dasar bagi iklim Organisasi, titik fokus bagi setiap anggota Organisasi dan membantu penerjemahan tujuan organisasi ke dalam struktur kegiatan serta membantu penetapan tolok ukur pencapaian kinerja
- Sasaran yang Smart sebagai pedoman arah yang jelas bagi anggota
- Strategi yang jelas, agar terwujud menjadi organisasi yang berguna
- Program yang rinci, dalam setiap kegiatan yang dilakukan

Sebuah organisasi mempunayi suatu tujuan bersama meskipun berasal dari beragam orang. Untuk itu diperlukan adanya manajemen untuk mengatur terstrukturnya suatu perencanaan yang dilakukan bersama – sama.

Alasan mengapa Organisasi perlu Manajemen?

- Karena anggota Organisasi berasal dari latar-belakang yang berbeda-beda sehingga mempunyai sistem nilai yang berbeda-beda pula.
- Motivasi menjadi anggota mungkin berbeda-beda.
- Organisasi merupakan kumpulan beragam kompetensi, bukan hanya kumpulan beragam orang.

Jadi, Bukanlah Organisasi yang terdiri dari orang – orang luar biasa, melainkan Oganisasi yang mampu membuat orang – orang biasa di dalamnya mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Untuk itu digunakan proses manjemen guna mengarahkan organisasi sesuai tujuan dibentuknya Organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar