Kamis, 29 September 2011

KESETIAAN TERHADAP BAHASA INDONESIA

KESETIAAN DAN KEBANGGAAN TERHADAP BAHASA INDONESIA

Kesetiaan terhadap bahasa indonesia adalah suatu sikap yang menunjukkan rasa bangga dalam menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, dibandingkan menggunakan bahasa asing yang bukan berasal dari bahasa indonesia.Sekarang ini sikap kesetiaan dan kebanggaan berbahasa indonesia cenderung mulai menurun dalam penulisan sebuah karya tulis.Ini adalah artikel kutipan penjelasan kesetiaan terhadap bahasa indonesia.

Lift Tercepat di Dunia Akan Dibangun di Shanghai Tower

Shanghai - Lift-lift tercepat di dunia akan diinstal di gedung Shanghai Tower yang kini sedang dibangun di Distrik Pudong, Shanghai, China. Perusahaan Mitsubishi Electric Corporation hari ini mengumumkan telah menerima order dari Shanghai Tower Construction & Development Co untuk pemasangan lift-lift dengan kecepatan 18 meter per detik itu!

"Adalah penghormatan besar karena terpilih untuk memasok semua lift termasuk sejumlah unit yang memecahkan rekor, untuk gedung tertinggi di China," kata Mitsuo Muneyuki, petinggi Mitsubishi Electric yang bertanggung jawab dalam sistem pembangunan.
"Kami yakin pemesanan historis ini mencerminkan reputasi global teknologi canggih dan layanan kelas dunia Mitsubishi Electric," tandasnya seperti tertuang dalam rilis pers di situs resmi Mitsubishi Electric, Rabu (28/9/2011).

Rekor dunia untuk kecepatan lift saat ini adalah 1.010 meter per menit atau sekitar 16,8 meter per detik. Demikian menurut data Guinness World Records.
Mitsubishi Electric Group akan menyediakan keseluruhan 106 lift di Shanghai Tower termasuk tiga set lift yang akan bergerak langsung antara lantai basement kedua dan dek observasi di lantai 119.
Di dalam gedung pencakar langit Shanghai Tower setinggi 632 meter tersebut akan mencakup kantor-kantor, hotel, restoran, fasilitas komersil, ruang konvensi, fasilitas budaya dan wisata dan lainnya. Gedung tersebut diharapkan akan menjadi gedung tertinggi di China saat pembangunannya rampung pada tahun 2014 mendatang.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/09/28/171815/1732609/1148/lift-tercepat-di-dunia-akan-dibangun-di-shanghai-tower

Opini :

Dari artikel diatas terdapat ketidaksetiaan bahasa, diinstal berarti diperbaharui,order berarti pengiriman. Memasok berarti pemasukan, unit yang berarti bagian, tandasnya berarti perkataan, Basement berarti ruang bawah tanah, rampung berarti selesai.Dan berikut artikel menunjukkan kesetiaan bahasa, historis (historical) yang berarti,reputasi(reputation) yang berarti, observasi(observation).Dalam artikel tersebut saya menemukan masih banyak penggunaan kata serapan dan kata asing,yang menunjukan ketidaksetiaan dan kebanggaan terhadap Bahasa Indonesia.Begitu juga bahasa asing sudah terbiasa digunakan oleh para penulis.Karena ini bisa dapat mengurangi rasa kesetiaan terhadap Bahasa Indonesia.Dan sebagian artikel masih ada yang menunjukkan kesetian dan kebanggan terhadap Bahasa Indonesia.Yang berarti masih mempertahankan rasa kesetiaan dan kebanggaan terhadap Bahasa Indonesia .Saya bangga para penulis masih menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.Karna itu bentuk rasa kecintaan dan kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar